SKS di MAN 2 Nganjuk

MAN 2 Nganjuk pada hari Selasa sampai Rabu, tanggal 13-14 Juli 2022 mengadakan Bimtek dan Wokshop Implementasi Kurikulum SKS dan Penyusunan UKBM. Kegiatan ini di buka langsung oleh Bapak Kepala MAN 2 Nganjuk, dikarenakan adalah kegiata lanjutan setelah Workshop IKM. Di dalam pembukaan Beliau mengatakan bahwa Program Penyelenggara SKS akan di berlakukan di MAN 2 Nganjuk di Tahun ajaran 2022/2023.
Bimtek dan Wokshop Implementasi Kurikulum SKS dan Penyusunan UKBM yang dilaksanakan di MAN 2 Nganjuk bertujuan mempersiapkan para guru untuk menghadapi kurikulum merdeka dengan diterapkan pada Program SKS. Kegiatan Bimtek Program SKS menghadirkan narasumber dari MAN 3 Blitar selaku Ketua Program SKS Provinsi Jawa Timur yaitu Bapak Aripin SP, S.Pd, M.A.
Setelah pembukaan, workshop dilanjutkan dengan sosialisasi dan pemaparan materi yang bersisikan 1) Konsep SKS, 2) Juknis SKS, dan 3) Pedoman Penyusunan UKBM baik berupa Teori dan praktek penyusunannya. Selanjutnya menurut beliau dalam konteks layanan utuh pembelajaran yang mengacu kepada konsep pembelajaran tuntas dengan prinsip ketuntasan secara individual untuk menguasai Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dimaksud, perlu memperhatikan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor 2852 tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Penyelenggaraan SKS Madrasah Tsanawiyah dimana SKS diselenggarakan melalui pengorganisasian pembelajaran bervariasi dan pengelolaab waktu belajar yang fleksibel. Pengorganisasian pembelajaran bervariasi dilakukan melalui penyediaan unit unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran yang dapat diikuti oleh peserta didik. Pengelolaan waktu belajar yang fleksibel dilakukan melalui pengambilan beban belajar untuk unit unit pembelajaran utuh setiap mata pelajaran oleh peserta didik sesuai dengan kecepatan belajar masing masing . Unit pembelajaran utuh disebut juga dengan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM)
UKBM merupakan satuan pelajaran yang kecil yang disusun secara berurutan dari yang mudah sampai ke yang sukar, memuat satuan waktu belajar, Kompetensi Inti (KI)ndan Kompetensi Dasar (KD), strategi pembelajaran individual. Disamping juga sebagai pelabelan penguasaan peserta didik terhadap pengetahuan dan keterampilan juga diharapkan memberikan dampak pengiring tarbangunnya karakter yang dibutuhkan dalam kehidupan abad ke 21.
Workshop ditutup dengan sesi Tanya jawab oleh para guru yang belum mengerti tentang Konsep Madrasah SKS, Pedoman Penyelenggaraan, dan Penyusunan Buku UKBM. Pada akhir sesi Bapak Aripin SP, S.Pd, M.A memberikan refleksi tentang pelaksanaan workshop yaitu berisi tentang sejauh mana pemahaman tentang Program Layanan Madrasah SKS.
Penulis : Maid Amir, S.Pd
Alamat Blog: https://amir-kimia.blogspot.com/

Youtube:

  1. Nama Chanel : pak@guruku
  2. Alamat: https://www.youtube.com/channel/UC3d1PqVEJ2y-Cqvudt-FKhw

Leave a Reply

Your email address will not be published.