Pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Nganjuk, 24 Juni 2024 — Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Nganjuk menjadi tempat asesmen kompetensi (TAK) pelaksanaan Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan (AKGTK) yang berlangsung di laboratorium computer. Asesmen ini diikuti oleh total 179 peserta dan dilaksanakan selama dua hari berturut-turut.

Hari pertama AKGTK dimulai dengan tiga sesi yang melibatkan berbagai peserta dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk guru dan tenaga kependidikan dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Selain itu, para pengawas dan kepala madrasah juga ikut ambil bagian dalam asesmen ini.

Kepala MAN 2 Nganjuk, Kasnan, menyampaikan bahwa pelaksanaan AKGTK ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital. “Kami berharap melalui asesmen ini, para peserta dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berbagai aspek, termasuk penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran,” ujar Kasnan.

Selama dua hari pelaksanaan, seluruh peserta menunjukkan antusiasme dan keseriusan dalam mengikuti setiap sesi asesmen. Penggunaan laboratorium komputer yang dilengkapi dengan fasilitas yang memadai juga mendukung kelancaran proses asesmen ini.

Seorang peserta dari MTs, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti AKGTK ini. “Kami mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang sangat bermanfaat untuk pengembangan kompetensi kami sebagai pendidik,” ujarnya.

Pelaksanaan AKGTK di MAN 2 Nganjuk ini merupakan salah satu upaya Kementerian Agama dalam meningkatkan mutu pendidikan madrasah di seluruh Indonesia. Diharapkan hasil dari asesmen ini dapat menjadi acuan dalam merumuskan program-program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan di masa mendatang.

Dengan berakhirnya hari kedua, seluruh peserta merasa puas dengan penyelenggaraan AKGTK ini dan berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkala untuk mendukung profesionalisme guru dan tenaga kependidikan di lingkungan madrasah.