42 Siswa MAN 2 Nganjuk Lolos SPAN-PTKIN 2025, Bukti Kualitas dan Semangat Siswa Madrasah

MAN 2 Nganjuk – Kabar menggembirakan datang dari MAN 2 Nganjuk. Sebanyak 42 siswa kelas XII berhasil lolos seleksi SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tahun 2025. Hasil ini menjadi bukti nyata bahwa madrasah mampu bersaing dan berprestasi dalam jalur akademik nasional.

Ke-42 siswa tersebut dinyatakan lolos pada berbagai program studi unggulan di sejumlah PTKIN favorit di Indonesia, seperti UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, IAIN Kediri, dan lainnya. Program studi yang menjadi pilihan antara lain Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, Bimbingan dan Konseling Islam, Perbankan Syariah, hingga Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Kepala MAN 2 Nganjuk, Kasnan, menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya atas capaian para siswa. “Ini adalah hasil dari kerja keras para siswa, guru BK, wali kelas, dan seluruh warga madrasah. Kami berharap prestasi ini menjadi penyemangat untuk siswa lainnya agar tidak ragu bersaing melalui jalur prestasi,” ujarnya.

Proses seleksi SPAN-PTKIN yang berbasis prestasi akademik ini menilai capaian siswa sejak kelas X hingga XII serta mempertimbangkan rekam jejak madrasah. Tahun ini, jumlah siswa MAN 2 Nganjuk yang diterima meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, menandakan adanya peningkatan kualitas akademik secara keseluruhan.

Salah satu siswa yang lolos, Manda dari kelas XII-D, mengungkapkan rasa syukur dan harapannya. “Alhamdulillah, saya diterima di Manajemen Pendidikan Islam UIN SATU. Semoga teman-teman yang belum lolos tetap semangat berjuang di jalur lainnya seperti SNBT dan mandiri,” ujarnya.

MAN 2 Nganjuk terus berkomitmen mendampingi siswa dalam meraih pendidikan tinggi, baik di PTKIN, PTN, maupun PTS. Dengan pembinaan intensif dan dukungan informasi, madrasah berharap semakin banyak alumni yang sukses menembus perguruan tinggi ternama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *